Tuesday, January 1, 2019

What Happened to the Central Azucarera de Mabalacat?

Once upon a time, there was a sugar central in the Municipality of Mabalacat, Pampanga operated by Mabalacat Sugar Company (The Sugar Central). It was known as the Central Azucarera de Mabalacat. Writing from memory, historian Mariano Henson (1955:115), shared that the sugar central started milling in 1923 and conked out of business in 1934. However, court records indicate that the sugar central may have started operations as early as 1920. At its prime, the sugar central milled 256 tons of sugar cane daily. Pampanga's sugar cane farming expanded to Mabalacat since mid-1800s.

So, what happened to Mabalacat's little sugar central?


The Mabalacat Sugar Company operated its sugar central on two (2) parcels of land in Mabalacat, Pampanga. The said lands hosted the the Sugar Central's buildings, sugar-cane mill, telephone installations, apparatus, utensils and machinery necessary for the operation of a sugar central. The Sugar Central also owned a railway on lands rented from the Dizon and Tiglao families. The railways covered a strip of land, some 2,664 meters long and 5 meters wide, stretching from Hacienda Concepcion, traversing through Barrio Dolores, to Mabalacat. The property included permanent improvements - embankments, bridges, sewers and telephone lines - all for the proper transport of sugar cane.

The sugar central was managed by its president Benjamin A. Green. He was known by his appellation, B.A. Green. He owned 55% of the company's capital stock. On April 26, 1926, B.A. Green, the president and manager of Mabalacat Sugar Company, Inc. obtained a loan from a Binondo-based real estate holding company, Cu Unjieng y Hijos. The loan was secured by a first mortgage constituted on the Sugar Central's two (2) parcels of land including all improvements, fixtures, machinery and equipment existing therein or may exist in the future on said lots.


Guillermo A. Cu Unjieng owner of Cu Unjieng y Hijos which funded Mabalacat Sugar Central's 1926 expansion.
(Photo:  Josephine M. T. Khu) 

Shortly after, Green decided to buy additional machinery and equipment with the goal of increasing the Sugar Central's milling capacity from 150 to 250 tons per day. He needed additional capital amounting to PhP 100,000.00. He, thus, proposed to entrepreneur B.H. Berkenkotter to advance the needed funds. Green promised to return Berkenkotter's money as soon as he could obtain additional loans from Cu Unjieng y Hijos. On October 5, 1926, Berkenkotter agreed with the proposal and four days later, delivered the amount of PhP 1,710.00. Berkenkotter also advanced to the Sugar Central the amount of PhP 25,750.00 plus PhP 22,000.00 representing his unpaid salaries.

The additional machinery and equipment purchased were installed on April 27, 1927. As planned, on June 10, 1927, B.A. Green applied for additional loans of PhP 75,000.00 from Cu Unjieng y Hijos. He offered as security the newly-installed machinery and equipment. The loan, however, was not granted.

The Sugar Central became laden with indebtedness. On October 20, 1928, Cu Unjieng y Hijos, gave extension of time for the Sugar Central to pay in full its mortgage indebtedness until June 30, 1929, with certain installment payments to be made on specified dates. But the Sugar Central failed to make payments due on February 25, 1929, March 25, 1929, and April 25, 1929, and failed altogether to fully pay the balance due on June 30, 1929. 

To recover their investments, Cu Unjieng y Hijos filed Civil Case No. 4178 before the Court of First Instance of Pampanga against the Sugar Central. After trial, the court ordered, among others, the Sugar Central to pay Cu Unjieng y Hijos the amount PhP 163, 534.73 with interests of 12 percent per year, compounded monthly beginning May 1, 1929. If payments were not made within three (3) months, foreclosure proceedings follow. On appeal, the Supreme Court of the Philippines modified the lower court's decision ordering the Sugar Central to pay PhP 162,398.61, with interest at 12 per cent per year, beginning May 1, 1929. (Cu Unjieng y Hijos vs. The Mabalacat Sugar Co., et al., G.R. No. L-32644, decided October 4, 1930).

B.H. Berkenkotter, on the other hand, filed a petition before the Court of First Instance of Manila claiming ownership over the machinery and equipment installed at the Sugar Central. He believed that he is the rightful owner of the said machinery and equipment having advanced some money for its purchase and that he was unpaid. The lower court and the Supreme Court denied his claim. The machinery and equipment were considered permanent improvements and were therefore incorporated in the mortgaged lands. They were deemed mortgaged properties to Cu Unjieng y Hijos. However, Berkenkotter was allowed the right of redemption (B. H. Berkenkotter vs. Cu Unjieng y Hijos, G.R. No. L-41643, July 31, 1935).

The Sugar Central continuously failed to pay its indebtedness to its creditors prompting the Provincial Sheriff of Pampanga to foreclose its properties, including its machinery and accessories, and sold them in public auction for PhP 177,000.00. Green found the price inadequate. But the Court of First Instance found it more than enough and so confirmed the validity of the sale. On appeal, the validity of the auction sale was upheld by the Supreme Court of the Philippines. (Cu Unjieng y Hijos vs. Mabalacat Sugar Company, et.al. G.R. No. 37206, decided September 22, 1933).


The Sugar Central's Financial Setbacks


Between the crop years 1926-1930, the Sugar Central experienced financial setbacks. It failed to meet its obligations to its creditors. For instance, it failed to deliver 14,243.42 piculs of centrifugal sugar promised to Compañia General de Tabacos de Filipinas (G.R. No. 34960, decided September 25, 1931). It also failed to pay Earnshaws Docks and Honolulu Iron Works for services rendered, materials supplied and promissory note issued (G.R. L-32547, decided October 4, 1930). And it failed to negotiate for the renewal of the lease contract of the lands it used (G.R. No. 30112, decided September 9, 1929).



On September 4 and 5, 1927, Manuel Lazatin and Tomasa C. Vda de Pamintuan (in behalf of the minor owners) hired a large body of men to remove hastily the railway tracks of the Sugar Central. It was done with such haste, force and violence that the whole track was torn up and removed in two days. The men bent or twisted the rails, destroyed the railway ties, fish-plates, bolts and nuts and spikes. So devastating was the effect of this hullabaloo that the company was forced to litigate the matter to redress its damages despite its ailing financial condition. The Supreme Court of the Philippines found Lazatin and Pamintuan liable to the Sugar Central for damages amounting to PhP 2,083.00 (The Mabalacat Sugar Company vs. Jose V. Ramirez, et. al., G.R. No. 30112, decided September 9, 1929).

The Sugar Central Under Receivership

On May 3, 1929, after winning the case against the Sugar Central, Cu Unjieng y Hijos secured the appointment of Rafael Fernandez as receiver of the properties. Fernandez, a learned man, who graduated at the University of the Philippines and Harvard University, was a trusted friend of the Cu Unjiengs. Fernandez, after filing a bond of PhP 10, 000.00, assumed office as a receiver. 

It turned out, however, that Fernandez brought more harm than good to the Sugar Central. On December 18, 1930, Fernandez, in his capacity as the receiver of the Sugar Central, issued forged sugar quedan no. 306 for 380,000 piculs of centrifugal sugar in favor of Amando L. Santos. And on December 25, 1930 and February 17, 1931, Fernandez, issued another two forged sugar quedans nos. 307 and 324, for 530,434 and 544,345 piculs, respectively, of centrifugal sugar in favor of Teodoro Santos. Subsequently, it appeared that Amando L. Santos and Teodoro Santos transferred the said three sugar quedans to Rafael Fernandez, this time in the his personal capacity. With the said forged sugar quedans, Fernandez obtained from National City Bank of New York over-draft credit facilities, up to the amount of P900,000.00. The centrifugal sugar represented by said quedans did not exist (The National City Bank of New York vs. Yek Tong Lin Fire & Marine Insurance Co., G.R. No. L-8369, decided April 20, 1956).


On July 24, 1931, Rafael Fernandez was discharged as receiver of the Mabalacat Sugar Company. Francisco Baltazar took over the receivership after having filed a bond for P50,000 and taken oath of office as a receiver. He helped the Sugar Central fold up its business. By the eve of the World War II, Mabalacat Sugar Company was a distant memory.

What of B.A. Green? He moved on to become the president of another venture - the Abucay Plantation Company.

Hacienda Concepcion (1927) as it appeared in a Camp Stotsenburg map. It shows the sugar plantation and the railway track. (https://searchworks.stanford.edu/view/9956692).


List of Works Cited

B. H. Berkenkotter vs. Cu Unjieng y Hijos, G.R. No. L-41643, July 31, 1935.

Cu Unjieng y Hijos vs. The Mabalacat Sugar Co., et al., G.R. No. L-32644, decided October 4, 1930.

Cu Unjieng y Hijos vs. Mabalacat Sugar Company, et.al. G.R. No. 37206, decided September 22, 
     1933.

Earnshaws Docks and Honolulu Iron Works vs. Mabalacat Sugar Company, G.R. No. L-32547,
     decided October 4, 1930.

Henson, Mariano. 1955. The Province of Pampanga and its Towns (A.D. 1300-1955) with the 
     Genealogy of the Rulers of Central Luzon. Angeles, Pampanga.

La Compañia General De Tabacos De Filipinas vs. Mabalacat Sugar Co., and Geo C. Sellner, G.R. 
     No. 34960. September 25, 1931.

The Mabalacat Sugar Company vs. Jose V. Ramirez, et. al. G.R. No. 30112, decided September 9, 
     1929.

The National City Bank of New York vs. Yek Tong Lin Fire & Marine Insurance Co., G.R. No. L-
     8369, decided April 20, 1956.

14 comments:


  1. My name is SHARON LOGAN, I am from Washington, D.C. U.S.A, I want to use this media to write to people in the internet who is in need of a real loan, that if you need a loan without getting cheated apply from karina roland loan company is the right company to apply from i am a teacher i was cheated 2 time by a fake company who clam to be lenders but at end up be scammed, but now i no longer worry because karina ronad has already helped me so if you need an urgent loan to do any project or business this company is going to put a smile to your face i have also introduced most of my friends to this company and only 2 of my friends told me they have received there loans already one of my friend received a loan of $39,000.00 dollars and the other of my friend received the sum of $65,000.00 dollars so anyone in need of an online loan apply from this company and you will be rest assure, because this company is really helpful and God will continue to use them to help people in need of a loan. If you need an online loan apply from this company and contact them via this means email address karinarolandloancompany@gmail.com and also you can contact me via email sharonlogan023@gmail.com for more informatiom, thank you all.

    ReplyDelete
  2. CEO RIKA ANDERSON LOAN COMPANY
    COMPANY email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Call or Whatsapp : +19147057484

    Testifier: Mrs. Pertiwi Gesang
    Address: Pangkal pinang, Indonesia
    Loan Grant: Rp90,000,000
    Bank Central Indonesia
    Testifier email: pertiwigesang@gmail.com

    I'm Mrs. Pertiwi Gesang from Pangkal pinang, here's my email if you want to contact me: pertiwigesang@gmail.com. I want to share my testimony in this platform about how I got a Rp90,000,000 million loan for venture capital from a legitimate lender because, I have fallen into debt and I have tried to borrow money from banks and online lenders but I have always failed and I was even scammed until I saw Ashraff Nabilah's mother's email nabilahashraff@gmail.com and Amalia Anmangkurat on facebook and blog with email  amaliaanmangkurat@gmail.com and whatsapp +6282340185186 testimony on this platform about how they got a loan from RIKA ANDERSON LOAN COMPANY.

    I contacted CEO, Mrs. Rika Anderson, last week, I applied for a loan from Rika mother and I was surprised, my loan was approved and after 3 hours of my application, the amount of 90 juta was transferred to my BCA bank account. I want to advise everyone to contact RIKA ANDERSON LOAN COMPANY legitimate loan company.

    ReplyDelete
  3. My name is Mrs.Aisha Mohamed, am a Citizen Of Qatar.Have you been looking for a loan?Do you need an urgent personal loan or business loan?contact Dr James Eric Finance Home he help me with a loan of $42,000 some days ago after been scammed of $2,800 from a woman claiming to been a loan lender but i thank God today that i got my loan worth $42,000.Feel free to contact the company for a genuine financial service. Email:(financialserviceoffer876@gmail.com) call/whats-App Contact Number +918929509036

    ReplyDelete
  4. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    ReplyDelete
  5. Halo semuanya, saya Teddy Liza, sekarang dari Indonesia. Saya seorang janda dengan dua anak dan sejak Februari 2019 karena kebakaran dalam bisnis yang membanjiri bisnis saya dan saya mencoba mencari pinjaman dari bank saya, bank mengatakan dengan saya memiliki kredit buruk sehingga saya mencobanya dengan pemberi pinjaman lain di mana saya bodoh. Tetapi seperti yang Tuhan kehendaki, saya membaca kesaksian AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM di majalah bisnis, yang membantu bisnis dan individu dengan pinjaman besar. Saya mengajukan permohonan dan saya telah menerima pinjaman 3,6 miliar rupee dengan tingkat bunga sangat rendah 1% dan rencana pembayaran yang lebih baik. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa ada banyak scammer di sini. Ambil permintaan peminjam untuk biaya asuransi, Peminjam tidak memiliki sertifikat bisnis, Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan Anda yang membuat Anda memenuhi syarat untuk mendapat pinjaman, peminjam Palsu tidak memiliki alamat kantor fisik. Peminjam palsu meminta biaya pendaftaran dan biaya pajak, peminjam Palsu tidak memiliki situs web. Jika Anda mencari pinjaman, selalu minta pemberi pinjaman untuk situs webnya, karena banyak pemberi pinjaman palsu tidak memiliki alamat dan situs web. Jika Anda menginginkan pinjaman yang sah, ajukan sekarang.

    bersaksi whatsapp .. + 6281617538564
    Surel; teddyliza2020@gmail.com
    E-mel: aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum wr.wb




    Kami di Arab Credit Group telah luar biasa ketika datang untuk membantu orang-orang dalam masalah keuanganan mereka dengan utang yang tak terhitung jumlahnya untuk membayar, tugas kami adalah untuk membantu Anda dengan pinjaman untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda, dan menjadi keuangan yang stabil lagi. platform pembayaran kami sederhana, kami menyediakan Anda dengan suku bunga terendah 2% pinjaman Anda dapat menemukan, Arab Credit Group adalah Perusahaan pinjaman yang dimiliki oleh Keluarga Arab kami, kami telah memutuskan untuk membantu saudara-saudari kami untuk menjadi kuat secara finansial seperti yang diperintahkan Tuhan. kami di sini untuk memberi Anda bantuan untuk sukses dalam hidup.

    Hubungi kami dengan.
    Perusahaan: Arab Credit Group
    Email: Arabcreditgroup@gmail.com
    Pin BBM: {E39B5EE5}  

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum
    Nama saya Sri Muji Astuti. Saya seorang pemilik bisnis yang menjual kosmetik dan pakaian. Untuk sementara, saya telah mencari pemberi pinjaman pinjaman yang dapat saya pinjam untuk menumbuhkan bisnis saya dan juga menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Pengalaman pertama saya dengan pemberi pinjaman internet sangat buruk dan saya kehilangan jumlah 24 juta karena saya mengajukan 800 juta untuk meningkatkan bisnis saya. Setelah pengalaman saya, saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya tidak akan pernah meminjam dari internet karena saya ditipu.

    Jadi, suatu hari saya dengan setia membaca artikel di blog dan setelah saya selesai membaca, saya pergi untuk memeriksa bagian komentar untuk mengetahui pendapat mereka. Saya melihat komentar oleh Yeyes Ristintares, seorang wanita bisnis besar dan dia berbagi cerita tentang bagaimana dia meminjam pinjaman besar dari perusahaan tempat Ms. Helen Wilson bekerja.

    Kemudian, saya memutuskan untuk menghubungi Yeyes Ristintares dan saya menceritakan kisah saya kepadanya tentang bagaimana saya kehilangan 24 juta dari pemberi pinjaman yang buruk. Saya masih ingat dengan jelas bagaimana dia memberi tahu saya bahwa semua pencarian saya untuk pemberi pinjaman yang andal sudah berakhir. Dia mengirimi saya emailnya dan saya mengiriminya email untuk memastikan karena saya tidak ingin kehilangan uang lagi. dia membalas saya dan mengatakan saya harus menghubungi perincian perusahaan tempat Ny. Helen Wilson bekerja dan saya akan menerima pinjaman saya tanpa penundaan dan saya harus mencoba untuk membagikan kabar baik saya sehingga orang lain selamat dari pemberi pinjaman yang buruk.

    Jadi saya menghubungi Ny. Helen Wilson melalui email: (helenwilson719@gmail.com) dan dengan nomor WA-nya: +1-585-326-2165. Ini adalah email Yeyes Ristintares: (yristintares@gmail.com) yang saya hubungi.
    Setelah saya menghubungi perusahaan pinjaman, saya diminta untuk menyerahkan segala sesuatu yang diminta dari saya sebagai peminjam dan setelah beberapa saat, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman saya tanpa penundaan atau segala bentuk tekanan.
    jadi, saya menambahkan informasi pribadi saya kepada siapa saja yang mencari pemberi pinjaman yang dapat dipercaya untuk menghubungi saya dan saya siap membantu Anda karena saya ingin orang lain diselamatkan dari pemberi pinjaman yang buruk. Hubungi saya melalui email saya: srimujiastuti93@gmail.com

    Saya berdoa agar ALLAH akan memberikan mereka yang membutuhkan pinjaman untuk melihat kisah saya sehingga mereka dapat diselamatkan seperti saya. Saya selalu siap memberikan bantuan kepada siapa saja yang membutuhkannya, jadi jangan ragu untuk menghubungi saya kapan saja karena saya tidak membuat orang saya jatuh ke tangan pencuri.

    ReplyDelete
  8. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  9. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    ReplyDelete
  10. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    ReplyDelete
  11. Nama:::::::::::::::::::::::::::[Queen Jamillah]
    Negara:::::::::::::::::::::::::::::[Indonesia]
    Jumlah:::::::::::::::::::[Rp.9,8 miliar]
    Alamat::::::::::::::::::::[Surabaya]
    W/A:::::::[+6287818697754]
    ☎::::::[+6287818697754]
    e_mail:::::::::::::::::[queenjamillah09@gmail.com]
    Teman-teman orang Indonesia Nama saya Jamiilah saya seorang muslim jika Anda membaca blog selama dua sampai tiga tahun sekarang Anda akan menemukan bahwa saya telah membuat beberapa kesaksian mengenai saya mendapatkan pinjaman dari Bunda Iskandar dan saya memang sangat senang karena memberi tahu semua orang bahwa ibu Iskandar memang pemberi pinjaman yang sangat tulus dan juga saya dapat membuktikan fakta bahwa begitu banyak pelanggan juga telah mendapatkan pinjaman yang benar dari ibu selama bertahun-tahun melalui saya dan saya sangat senang untuk itu [Kesaksian terbaru sekarang adalah bahwa suami saya harus menyusun rencana mendirikan perusahaan mencuri di (Surabaya))))))) sehingga dia juga dapat memiliki akses ke bisnis yang lebih dan lebih berorientasi pada keuntungan yang melibatkan capaital yang sangat besar sehingga saya harus menghubungi Ibu bahkan ketika saya belum menyelesaikan cicilan bulanan terakhir saya sehingga ibu setuju untuk meminjamkan saya dan suami saya karena rencana bisnisnya berorientasi pada keuntungan dan kami harus mengajukan pinjaman sebesar (((Rp. 9,8 miliar) sehingga dana untuk proyek tersebut akan menjadi e Cukup mengejutkan kami, pinjaman saya disetujui oleh manajemen dalam waktu beberapa jam dan setelah beberapa waktu transfer berhasil dilakukan dengan gangguan dari OJK atau lembaga pengatur keuangan lainnya]

    Ibu Iskandar tidak pernah menipu siapa pun atas uangnya,
    Ibu memang pemberi pinjaman yang sangat tulus
    Perusahaan Induk terdaftar di OJK jadi jangan takut
    Ibu Iskandar punya catatan bagus dalam meminjamkan
    Tarifnya sangat bersahabat dibandingkan dengan Bank
    Minimum (Rp.100juta)))))
    Maksimum (((((Rp.100 miliar)

    Detail Kontak Perusahaan:
    e_mail:::[[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]]]
    COMPANY::::::::::::[Iskandar Lestari Loan Company]]]

    ReplyDelete
  12. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete
  13. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete
  14. Halo semuanya, saya ingin segera menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana ALLAH mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman sejati yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki hidup yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya ditipu 32 juta, dari dua pemberi pinjaman yang berbeda. Saya melamar karena saya membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis saya. Saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah dan itu tidak akan merugikan saya, jadi saya memutuskan untuk meminta nasihat dari teman saya. tentang cara melakukannya, mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan dia mengarahkan saya ke seorang wanita bernama Nyonya Helen Wilson.

    Saya mengajukan pinjaman (Rp780 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sekitar beberapa menit kemudian, saya mendapat tanggapan darinya dan mulai. Pinjaman tersebut disetujui tanpa tekanan dan semua persiapan darinya dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan agunan untuk transfer tersebut. Dalam peminjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 4 jam uang itu disimpan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu mimpi sampai saya mendapat notifikasi dari bank saya bahwa rekening saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp 780 juta. Saya sangat senang akhirnya ALLAH menjawab doa saya dengan menginstruksikan pemberi pinjaman saya dengan kredit nyata, yang dapat memberikan keinginan hati saya.

    Terima kasih banyak kepada Helen Wilson karena membuat hidup saya adil. Saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman online untuk berhati-hati terhadap penipu pinjaman karena ada banyak di internet. Jika ada yang membutuhkan pinjaman, hubungi Nyonya Helen Wilson melalui E-mail (helenwilson719@gmail.com) . untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    E-mail (helenwilson719@gmail.com)


    Terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca Kesaksian saya dan saya harap ini memandu Anda ke arah yang lebih baik jika Anda mencari pinjaman online dan saya berdoa semoga Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya Sri Heryani Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (sriheryani095@gmail.com)
    Terima kasih untuk kalian semua.

    ReplyDelete